Mengenal Kumbang Macan asal Jawa Timur?

Masih dari koleksi fauna dari rumah Mimin yang baru, setelah kemarin ada koleksi reptilia, kemudian kelabang kaki panjang, kali ini Mimin mau menambahkan koleksi lain, masih dari kelompok serangga.

Serangga apa yang mau dibahas kali ini?


Serangga kali ini jadi datang tanpa diundang. Jadi rumah yang Mimin tempati ini sudah seperti laboratorium fauna (reptil & serangga), ya dua jenis itu yang umum nampak. Namun hanya beberapa saja yang Mimin sempet ulas diblog.

Mimin sekarang mau bahas kumbang macan (tiger beetle), begitu sih hasil analisa ketika Mimin mengeksekusi satu serangga ini.

Lebih jelasnya lihat gambar yang saya ambil dari Google saja ya, ini kebetulan dokumentasi saat eksekusi.

Seperti yang sudah dijelaskan pada postingan sebelumnya, Mimin memang gak suka dengan serangga yang masuk teritori mimin, jadi sebisa mungkin ya Mimin eksekusi. Tak terkecuali ya serangga satu ini.

Dari jasadnya, melalui bantuan Google, Mimin coba cari tahu, dari jenis serangga apa sih dia ini.

Google memberi tahu, bahwa dia ini adalah kumbang macan atau kumbang harimau yang punya nama ilmiah Cicindela chinensis. Jenisnya macam², ada yang dari Jepang punya nama ilmiah Cicindela chinensis japonica.

Jika kumbang harimau Jepang itu punya warna yang unik dan menarik, kumbang harimau/ macan yang saya jumpai ini punya warna dominan hitam dengan ada corak simetris seperti 'panu putih'.

Nah itu kenapa saya sebut asal, sebagai 'kumbang macan Jawa Timur'. <<< yang ini jangan dipercaya ya, ini hanya asal lho

Kumbang macan merupakan serangga dari kelompok kumbang, dari subfamili cicindelinae. Habitatnya adalah areal terbuka yang terkena sinar matahari.

Ketika masih berbentuk larva atau ulat, hidupnya di celah² kayu di tanah kering ladang atau di tanah yang berpasir.

Ukuran tubuhnya berada dikisaran 6-40 mm. Memiliki warna tubuh dengan corak beragam, tubuh metalik kecoklatan/hitam/hijau dan sering bercorak warna warni serta kumbang macam pun memiliki kaki panjang.

Gambar diambil dari Google.

Kumbang macan termasuk serangga predator, dia mencari mangsa dari dalam liangnya yang dia gali di tanah, menunggu mangsa apapun yang melintas di depan sarangnya. Mangsanya adalah apapun serangga kecil. Menangkap mangsanya dengan mandibula (rahang) seperti sabit.

Namun pada case yang saya temukan, kumbang macan yang nyasar ke rumah Mimin, ditemukan hinggap di langit², dia nampak bisa terbang. Hingga akhirnya spray antiserangga melemahkan dan pingsan setelah dihempas sapu lidi.


Tidak banyak informasi lain yang bisa Mimin peroleh terkait serangga ini. Umumnya informasi yang disampaikan hampir sama, mungkin karena satu sumber.

Tapi setidaknya informasi tersebut cukup untuk sedikit memahami dan mengenal serangga satu ini, bagian dari keluarga kumbang.

Sampai jumpa pada postingan informasi seputar fauna lainnya, masih diblog serba-serbi dunia kita. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar