Ulat Legend, Kita Kenal Sebagai Ulat Naga

Jika tahu dengan serangga satu ini, berarti kita seumuran lho. Bener seperti kata Redfield dalam video di channel YouTube nya ketika dia berburu ulat naga, untuk nostalgia jaman kecil.

Serangga satu ini saya kenal bersamaan dengan serangga penggali tanah sejenis, yang dikenal undur². Nah serangga satu ini saya hanya kenal sebagai 'ulat naga', begitu teman² semasa kecil menyebutnya.

Kenapa disebut demikian, itu karena ciri fisiknya seperti kepala naga gitu, ya agak² seram gimana gitu, kemudian tubuh ulatnya itu unik tidak melata, tapi agak nekuk.

Nama ilmiahnya apa dan dari jenis serangga apa saya tidak paham, barulah saya cari tahu saat saya sudah beranjak dewasa, kepala tiga. Saya masih ingat, saya mencari serangga ini jaman saya SD. Karena kebiasaan inilah, menggali-gali tanah, saya jadi kepikiran menjadi seorang arkheologi, walau akhirnya tidak kesampaian.

Jadi serangga yang saya sebut sebagai 'ulat naga' tanah' ini sebenarnya adalah larva dari kumbang macan.

Kumbang macan (Tiger beetle) (Memo-chilus sp) merupakan spesies serangga dari jenis kumbang, yang hidup di area terbuka dimana sinar matahari dapat menyinari langsung.

Kumbang macan termasuk jenis kumbang predator, memangsa serangga lain yang lebih kecil.

Tidak banyak informasi, atau gambar yang menunjukan bahwa metamorfosis serangga satu ini, ketika dalam bentuk larva, bentuknya itu seperti 'ulat naga tanah' yang pernah menemani masa kanak² kita.

Sewaktu masih berupa larva (ulat), serangga ini memilih habitan hidup di celah² kayu di atas tanah kering di ladang ataupun yang berpasir. Inilah yang sering kita temui ketika kecil dan sering menjadikan ulat ini mainan. 

Memancingnya menggunakan batang rumput atau karet gelang yang diberikan sedikit ludah, ketika si 'ulat naga' ini menggigit umpan, langsung kita tarik.

Saya tidak dapat banyak informasi soal serangga satu ini. Ini juga seperti catatan tentang serangga undur² dan rayap, dimana bentuk lain dari metamorfosisnya kita ketahui, tapi bentuk metamorfosis lainnya tidak. Perlu wisata perpustakaan guna menggali informasi seputar serangga satu ini.

Dimana pada masanya jadi serangga yang melegenda dimasa kanak² saya dan juga teman² lain seumuran. Segitu saja deh catatan saya, sebenarnya ini hanya mencoba nostalgia dan sekalian menambah ilmu, sebenarnya 'ulat naga' itu adalah serangga apa, dan terjawab dia adalah bentuk larva dari kumbang macan. -cpr-

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Haha informasi yang bermanfaat bro, akhirnya tau jenis serangga apa tu ulatnaga.

    BalasHapus

Tinggalkanlah pesan, maka saya akan cari anda sambil saya berselancar di dunia ini ...