Membelokan Stir Mobil Ketika Parkir Ketika Parkir di Jalanan Turunan

Ketika awal Mimin belajar mengemudi diajari oleh om atau paman, Mimin sempet diberi tahu, bahwa mobil itu juga bisa sama seperti motor lho, ketika parkir stirnya berbelok dan bisa dikunci stang.

Tapi setelah Mimin bisa mengemudi mobil (2013 - now) dan selang bertahun-tahun itu, baru kemudian muncul kembali informasi terkait stir mobil yang dibelokan ketika parkir.

Tapi ada pula yang bilang, kalau parkir mobil itu usahakan kondisi stir adalah lurus, sejajar dengan roda belakang, supaya per atau steering roda itu lebih awet, karena menahan beban lebih stabil, dibandingkan dengan ketika roda dalam keadaan berbelok.

Oke kembali ke topik, jadi stir mobil dibelokan ketika parkir itu ada saat dan waktunya. Berdasarkan instruksi mengemudi yang baik dan benar, atau safety riding, ketika memarkirkan mobil pada kontur jalanan menurun/ menanjak, stir mobil atau roda itu diwajibkan diarahkan untuk berbelok.

Jadi ini bisa dilihat pada mobil² petugas PJR ketika mereka memarkirkan kendaraannya pada jalanan dengan kontur tidak rata (menurun/ menanjak), mereka akan membelokan stir atau roda jadi tidak sejajar. Ternyata ini adalah instruksi yang idealnya begitu.

Tujuannya adalah safety, ketika sistem parking atau sistem pengereman (baca: rem tangan) tidak berkerja dengan semestinya, ada mekanisme safety yang meminimalisir resiko kendaraan meluncur turun atau maju, tergantung arah kendaraan saat menanjak atau menurun.

Ketika memarkirkan kendaraan pada jalanan menanjak, bila di sisi jalan ada sparator atau trotoar maka belokan stir ke kanan. Agar saat rem tangan gagal, maka ban kiri depan akan tertahan di sparator atau trotoar atau sisi jalan. Kemudian, bila pinggir jalan tidak ada trotoar, maka belokan kemudi ke kiri. Agar saat rem tangan gagal mobil dapat mengarah ke pinggir jalan.

Intinya adalah mengarahkan kendaraan tertahan pada sisi tertentu yang terdekat agar tidak meluncur  ke belakang atau ke depan, tergantung posisi turunan.

Jika posisinya parkir kondisi menurun, ya tinggal arahkan stir ke sisi yang memungkin mobil kita tertahan ketika terjadi masalah pada rem tangan. Supaya tidak blandrang karena keadaan nanjak atau menurun pastinya akan membuat benda bebas akan bergerak dari sisi atas ke sisi bawah.

Ilustrasi posisi parkir ketika kondisi jalan menanjak, gambar diambil dari Google.

Adapun jika sedang berada di kontur jalan yang rata, parkirkan kendaraan dengan normal saja, tak perlu belak-belokan stir atau roda, karena tidak ada resiko yang mungkin terjadi karena rata, kecuali bumi bergoyang dan jalanan berguncang hebat. Tapi dengan kondisi kendaraan direm tangan, posisi mobil anda akan lebih aman tidak akan berpindah posisi terlalu jauh, kecuali didorong atau dihantam kendaraan lain dengan momentum besar.

Begitulah kira² alasan kenapa perlu membelokan stir ketika ada pada jalanan menurun atau menanjak. Jadi lebih paham kan ketika melihat sesuatu yang aneh atau gak biasa.

Segitu saja sharing informasi kali ini, catatan ini Mimin anggap penting sehingga Mimin resume dan disimpan di sini. Sampai jumpa disharing lainnya. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar