Kenapa Celana Dalam Superman Diluar?

Akhirnya jawaban yang logis dan tepat menurut mimin soal, "kenapa sih celana dalam Superman itu diluar, maksudnya nampak terlihat dari luar?"

Pertanyaan ini sering jadi pertanyaan Mimin selama ini, walaupun banyak jawaban² humor yang menjawabnya, namun sampai saat ini Mimin gak begitu mempercayainya, ya karena jawabannya gak valid kan pastinya.

Nah kali ini Mimin telah tercerahkan, why.

Ilustrasi karakter Superman, gambar diambil dari Google.

Superman merupakan karakter superhero dari grup DC Comics, merupakan jagoan asal Amerika Serikat. Superman digambarkan sebagai supremacy of USA. Sama seperti Captain America dari Marvel's Comics.

Gambaran karakter Superman yang awal dikenal adalah pria kekar, ganteng, dengan kostum dominan warna biru dan merah, biru pada bagian tubuhnya hingga kaki, dengan sekelebat sayap punggung berwarna merah, sepatu merah dan celana dalam merah terletak diluar, artinya tampak.

Kostum Superman seperti ini merupakan kostum awal, kalau saat ini kostum superman sudah lebih modern, dengan tidak menampilkan celana dalam diluar, kalau kostum ketat itu pasti, untuk menampilkan sisi keperkasaan.

Karakter superhero Superman ini lahir pada tahun 1938 di Amerika Serikat. Pada masa tahun² itu, hiburan rakyat Amerika adalah menonton pertunjukan sirkus. Dalam setiap pertunjukan sirkus ini, selalu ada sosok pria kuat yang ditampilkan.

Pria ini ditampilkan sebagai pria kuat, kekar, bertelanjang dada, dengan memakai kostum celana dalam dengan warna mencolok atau menggunakan celana panjang ketat.

Nah design karakter Superman lahir dari sini, penciptanya terinspirasi dari karakter pria-pria kuat sirkus, dengan tubuh atletis dan kekar serta kostumnya yang nyentrik, 'celana dalam diluar yang mencolok'.

Karakter Superman diciptakan oleh seniman asal Kanada, Joe Shuster seorang ilustrator dan seorang penulis asal Amerika bernama Jerry Siegel pada tahun 1932, saat mereka masih remaja. Tahun 1938 karya mereka ini dijual ke salah satu penerbit komik dan sejak itu mulai dikenal karakter karya mereka ini.

Namun pada awalnya karakter Superman ini tidak dikisahkan sebagai superhero, melainkan sebaliknya, merupakan sosok psikopat berperawakan botak, jenius dengan kekuatan telepati, yang punya tujuan menguasai seluruh dunia.

Karakter 'embrio' Superman ini muncul pada cerita pendek yang berjudul "The Reign of the Super-Man" dari Science Fiction #3, sebuah majalah yang diterbitkan oleh Siegel pada tahun 1933. Oleh karena tidak laku, maka karakter Superman ini ditulis ulang oleh Siegel pada tahun 1933 sebagai seorang pahlawan, berbeda dari karakter jahat sebelumnya, mengambil model dari aktor Douglas Fairbanks Sr. dan alter egonya Clark Kent, dari aktor komedi Harold Lloyd. Lalu kemudian karakter botak psikopat ini jadi karakter musuh dari Superman yakni Lex Luthor.


Nah itulah secuil kisah singkat asal-usul karakter Superman yang kita gak tahu, ya gak banyak orang yang tahu kecuali para fans garis kerasnya.

Dan soal kenapa, celana dalam Superman kala itu selalu ada diluar, itu karena terpengaruh budaya orang Amerika kala itu dimana sosok orang kuat ya seperti gambaran pemain² sirkus dimasa itu.

Mungkin ya, apabila pada masa itu sosok pria kuat digambarkan memakai kostum² yang lebih nyentrik ala cosplay Kamen Rider misalnya, bisa saja sosok Superman yang digambarkan jadi seperti itu. Tapi dari sini kita bisa lihat perbedaan karakter² superhero ciptaan seniman antara Amerika dan Jepang, karena Kamen Rider itu superhero dari Jepang.

Tapi satu persamaannya, terpengaruh oleh budaya yang berkembang dimasanya masing².

Nah jadi terjawab kan, kenapa karakter Superman mula² punya celana dalam diluar, beda dengan kita yang pakai celana dalam di dalam. Berarti itu yang dipakai Superman adalah 'celana luar' yang mirip celana dalam 🤭.

Baiklah segitu saja share informasi dari Mimin, semoga bisa menjawab dengan logis pertanyaan dijudul postingan ini. Sampai jumpa dipostingan Mimin lainnya. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar