Biogas Bisa Semembahayakan Itu Lho! Jika ...

Beberapa waktu yang lalu, mimin sempet membahas beberapa informasi seputar gas, soal gas alam dan beberapa jenis² gas.

Dalam postingan informasi tersebut, Mimin pernah menyebut energi gas lain yang sering dimanfaatkan sebagai energi alternatif adalah biogas. Pada postingan tersebut Mimin menyebutkan,

Oh iya, ada satu lagi energi bahan bakar namanya biogas, ini juga sumber energi juga, hanya saja bedanya adalah darimana dia bersumber. Biogas berasal dari gas metana diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil.


Malam ini ketika saya buka timeline sosial media Twitter ada berita menarik. Apa itu? Ini berhubungan biogas ini lho.

Toilet rumah, tepatnya WC jongkok warga di daerah Jakarta meledak, dan memakan korban. Untungnya korban ini tidak merenggut nyawa, hanya luka² tapi dianggap cukup serius.

Dari dokumentasi terlihat foto sebuah kamar mandi, dengan toilet jongkok yang sudah dalam kondisi menganga, dimana toilet jongkok bagian atas itu terlepas, nampak lubang di toilet tersebut. Jadi diduga ada tekanan energi ke atas yang mendorong sisi toilet jongkok itu hingga pecah dan terangkat.

Energi apa lagi kalau bukan biogas?

Diceritakan korban yang tengah ada di kamar mandi itu menderita luka bakar hingga 50% pada tubuhnya karena api yang menyambar.

Heran kan, di kamar mandi bisa terjadi ledakan seperti bom, bahkan bisa mengeluarkan api. Masa iya menyimpan 'bom' di kamar mandi. Bisa saja sih, tapi masa iya 'bom' disimpan di bawah toilet jongkok.


Diceritakan bahwa kloset tersebut meledak ketika korban bersamaan menyalakan kompor.

Sementara ini, dugaan disinyalir, kloset meledak tersebut berasal dari adanya gas dari septic tank yang digunakan di tiga kontrakan.


Septic tank merupakan tempat untuk menampung kotoran, atau buangan kotoran sisa sekresi manusia. Di sinilah semua kotoran tertampung. Seperti yang dibahas di atas, kotoran manusia, hewan bahkan sampah yang terkumpul atau terakumulasi dalam jumlah tertentu mampu menghasilkan gas.

Gas yang mungkin muncul adalah gas metana yang  diproduksi melalui pembusukan oleh bakteri anaerobik dari bahan-bahan organik selain dari fosil.

Ketika gas metana ini dalam jumlah tertentu termampatkan dalam suatu tempat, sudah dipastikan akan menimbulkan tekanan tertentu.

Gas metana ini termasuk gas yang mudah terbakar, apabila terpicu api pastinya akan menimbulkan kobaran api. Apabila gas metana ini bertekanan, lalu kemudian dipicu oleh api, pastinya akan menimbulkan ledakan dan itu yang terjadi pada kasus di Jakarta ini.

Gas metana yang termampatkan dalam suatu tempat tertutup bisa saja meledak, tapi selama tak terpicu api, pastinya hanya meledakan gas bertekanan saja. Kenapa muncul api, itu karena ada terpicu oleh api, dimana korban sempat menyalakan kompor, dan bersamaan itulah terjadi ledakan.

Selain gas metana, dalam biogas terkandung gas lain yaitu karbon dioksida.

Ini sih hanya analisa Mimin saja, yang kebetulan sempat membahas soal biogas dan ternyata apabila biogas tak tersalurkan dengan baik bisa berakibat fatal.

Ilustrasi skema pemanfaatan biogas, dari Bagan ini dicontohkan kotoran dari peliharaan ternak, dapat menghasilkan biogas yang bisa dimanfaatkan. Jika dikaitkan dengan kasus ledakan toilet di Jakarta Timur ini, bisa dibayangkan yang tertampung dalam tampungan septic tank itu adalah kotoran warga penghuni kontrakan, dimana biogas yang terakumulasi itu tidak termanfaatkan dengan baik, minimal terbuang dengan sirkulasi yang baik, alhasil menjadi bumerang. Gambar diambil dari Google.

Biogas bisa sangat bermanfaat jika dikelola dengan baik, merupakan energi terbarukan dengan memanfaatkan sampah, yups sampah kotoran buangan manusia, ternak, atau sampah² lainnya jika dimanfaatkan bisa sangat berguna.

Jika dibuang begitu saja justru akan menjadi masalah lingkungan tentunya, dan jika tak dikelola baik bisa juga berakibat fatal seperti ini.

Septic tank perlu sirkulasi yang cukup baik, jika septic tank dalam kondisi mampat, nah resiko seperti ini rentan terjadi. Jadi jika tidak sempet memanfaatkan biogas, pastikan septic tank Anda punya sirkulasi udara yang cukup baik.


Polisi masih akan melakukan olah TKP pastinya untuk memastikan insiden ini. Tentunya ini musibah, tidak ada kesengajaan. Infrastruktur sanitasi yang kurang baik juga bisa jadi potensi terjadinya musibah ini sih.

Apa yang Mimin sampaikan di sini hanya analisa Mimin saja sih, bukan menjadi sesuatu yang patut dipercaya sih, rilis hasil kenapa² yang dari petugas berwenang sajalah yang perlu dianggap informasi yang benar.

Kasus yang terjadi di Jakarta Timur ini bisa jadi pelajaran kita bersama, agar berhati-hati dengan energi terbarukan satu ini.


Segitu saja share informasi dari Mimin, masih membahas informasi seputar gas-gasan, postingan ini kebetulan pas ada kasus menarik ini, momennya pas, jadi semakin membuat kita paham ragam gas-gasan yang bisa dimanfaatkan sebagai energi, dan akan menjadi sia-sia belaka jika tak dimanfaatkan.

Sampai jumpa lagi disharing informasi lainnya. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar