Mengenal Skoda, Brand Mobil Lho!

Belakangan saya koq lagi suka saja ya ngikuti timeline dari story² yang berhubungan dengan rally championship.

Bukan karena suka otomotif balap mobil, karena saya punya mobil suka kebut²an, gak sama sekali, bukan itu alasannya. Alasannya justru karena penasaran, kenapa brand mobil yang ikut kejuaraan rally itu sedikit. Belum lagi ada merk mobil yang asing ditelinga.

Nah pada post kali ini saya mau cari tahu tentang brand mobil, "Skoda". Hmm, gimana ketika kalian baca, asing? Atau malah tidak, berarti hanya saya yang asing.


Jadi brand Skoda ini merupakan brand atau pabrikan mobil asal Eropa, tepatnya dari negara Ceko.

Brand Skoda merupakan brand otomotif tertua di dunia lho. Pabrikan ini sudah ada sejak 1895, hanya saja pada tahun itu nama brand nya adalah Laurin & Klement. Didirikan oleh dua orang yaitu Vaclav Laurin dan Vaclav Klement pada awalnya berprofesi sebagai penjual buku. Kala itu dimulai dengan produksi sepeda motor.

Gambar diambil dari Google

Skoda merupakan salah satu pabrikan tertua di dunia bersama pabrikan lain seperti Tatra brand asal negara yang sama dengan Skoda, brand lainnya ada Daimler, Opel, dan Peugeot.

Baru pada tahun 1905 pabrikan ini memulai memproduksi mobil.

Perubahan nama menjadi Skoda ini, dimulai pasca perang dunia I, kala itu pabrikan Laurin & Klement mengalami masalah keuangan sebagai dampak perang dunia. Disaat itu Laurin dan Klement mencari mitra bisnis baru, kala itu ada Skoda Works.

Skoda Works dikenal sebagai pabrikan senjata terbaik kala itu di Ceko. Pada tahun 1925 Skoda Works mengakuisisi Laurin & Klement. Mulai saat itu pula ekspansi dilakukan oleh grup itu dan brandnya dirilis dengan nama Skoda.

Pada tahun 1990, Skoda ini dibeli oleh Volkswagen Group. Sebenarnya Skoda kala itu diperebutkan juga oleh pabrikan lainnya yaitu Renault, namun Skoda akhirnya jatuh ke tangan Volkswagen.

Pada awalnya VW ini menguasai saham Skoda sebanyak 30%, kemudian meningkat lagi menjadi 60% pada tahun 1994, dan setahun setelahnya share sahamnya menjadi 70% pada tahun 1995.
Tahun 2000 adalah tahun dimana Skoda resmi menjadi anak perusahaan dari VW Group.

Untuk pasar Indonesia, Skoda bisa dikatakan sangat jarang dan asing. Tapi bagi pasar China brand Skoda sudah malang melintang di jalanan di negara tirai bambu itu.


Sama seperti brand pabrikan lainnya, misal VW dia punya sub brand Polo, dimana brand ini juga cukup dikenal. Skoda pun punya sub brand yang membuatnya terkenal.

Ada Skoda Felicia. Ada pula Skoda Fabia merupakan jenis small hatchback yang dikembangkan dari basis VW Polo dan Seat Ibiza. Lalu ada pula Skoda Octavia yang jadi basis pengembangan dari produk VW Golf MK4. Ada juga Skoda Karoq merupakan jenis Compact SUV. Ada juga Skoda Kodiaq yang berjenis big SUV.

Selain itu ada pula Skoda Rapid untuk varian berjenis sedan. Untuk Skoda Superb merupakan varian sedan medium.

Ada lagi Skoda Octavia merupakan varian sedan terkencang. Ada pula Skoda Citigo merupakan segmen city car. 

Ilustrasi, salah¹ mobil dari Skoda, yakni Octavia. Gambar diambil dari Google.

Ada juga Skoda Roomster merupakan jenis MPV mungil dan Skoda Yeti untuk varian SUV.


Nama Skoda ini dikenal di Indonesia mulai tahun 2013 sejak rencana Skoda mau melantai di jalanan Indonesia, meski saat ini Skoda masih masuk melalui importir umum (IU).

Skoda Auto ini berkantor pusat di Mladá Boleslav, Bohemia, Republik Ceko.

Selain punya pabrikan di luar Ceko, seperti China. Skoda punya pabrik di negara lain seperti di India, Rusia dan Slovakia.


Nah begitulah kira² brand Skoda dikenal. Memang tidak begitu banyak atau lengkap yang bisa diulas dari post ini, tapi setidaknya bisa membantu kita mengenalnya. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar