Satu Kaki atau Dua Kaki Standby, Saat Mengemudi Mobil Matic

Pernah mengemudi mobil matic?

Kalau mimin pernah, tapi baru sekali sih, kalau gak salah itu pakai Avanza Veloz deh kalau gak salah, AT. Waktu itu pertama kali mengemudi, tidak belajar praktek awal. Walau gak belajar praktek, saya masih belajar teori seminggu sebelumnya, jadi gak langsung.

Saat itu saya harus pinjam mobil untuk datang ke acara pernikahan, namun yang ready saat itu adalah mobil matic. Mau gak mau, daripada gak dapat kendaraan, saya bawalah kendaraan itu. Saya inden seminggu sebelumnya, itu jadi kesempatan saya belajar teori via YouTube dan artikel.

Baca juga: First Drive With Matic Car

Ada dua pendapat yang asyik buat diperdebatkan diantara pengemudi mobil matic. Apa itu? Yakni soal kaki, apakah menggunakan dua kaki (kiri-kanan) dipedal atau hanya menggunakan satu kaki (kanan). Kalian termasuk pengemudi yang mana?

Ilustrasi, di dalam kabin mobil matic, dimana hanya ada dua pedal kan, kiri rem dan kanan gas. Source: Google

Kalau saya ya, sewaktu belajar teori tidak sampai kepada pilihan kaki mana, tapi kepada logika presedur bagaimana sih mobil matic bekerja. Walau memang pada awalnya secara reflek kaki kiri merasa seperti ada kopling, jadi gatel aja pengen 'main'.

Mobil matic kan koplingnya otomatis, sehingga di kabin, bagian kaki hanya ada dua pedal, kiri pedal rem dan kanan pedal gas. Minus pedal kopling saja di sisi paling kiri.

Saya menganalogikannya sama seperti saat mengemudi mobil manual, dimana kaki kiri mendapat tugas standby di pedal kopling dan kaki kanan mendapat tugas standby. Nah ketika dimobil matic tidak ada pedal kopling, otomatis adalah hak dari kaki kiri untuk beristirahat atau standby. Jadi, fungsi kaki kanan tetap standby pada pedal rem dan gas. Toh keduanya difungsikan secara bergantian, gak mungkin ketika ngegas pedal rem diinjak dan begitu juga sebaliknya.

Kesimpulannya, ketika mengendarai mobil matic, kaki mana yang berperan? Single foot, right foot on brake and throttle pedals! Satu kaki, kaki kanan standby diantara pedal rem dan gas.


Bagi yang terbiasa dengan kedua kaki difungsikan, tolong untuk memastikan semua berfungsi baik, dalam arti ketika gas dan rem tidak dioperasikan bersamaan, karena merupakan suatu kesia-siaan belaka.

Ini soal nyaman memang, dan terkadang hal seperti ini masih bisa diperdebatkan, namun catatan terpenting adalah soal keselamatan berkendara tetap dikedepankan, mau bagaimana caranya yang digunakan.


Segitu saja sih sharing yang bisa saya bagikan, berdasarkan pengalaman saya sendiri, yang baru pertama kali naik matic. Terlalu dini untuk sharing? Hmm, saya rasa tidak ya, toh banyak driving coach menyarankan hal ini.

Sampai jumpa dicatatan lain, tentang hal lain pula. Banyak tahu, tahu banyak hal yang ada di sekitar kita, dunia kita punya banyak warna dan serba-serbinya. SDDK.

Posting Komentar

0 Komentar