Mengenal Tentang Buah Pisang

Pisang, merupakan nama salah satu buah yang umum kita konsumsi. Buah pisang termasuk buah rakyat, yang harganya cukup terjangkau, hampir selalu ada tersaji disetiap acara.

Ada pun 'pisang-pisangan' yang tidak untuk dikonsumsi, seperti pisang abaka, pisang hias, pisang kipas. Itu tidak kita cari tahu ya, kita cari tahu pisang khusus konsumsi saja ya. 

Buah pisang konsumsi itu banyak sekali jenisnya, hasil hunting di Google, saya menemukan 20an jenis pisang yang umum kita jumpai, bahkan kita pernah konsumsi sih pastinya. 

Mimin Warna-warni Dunia Kita kali ini mau mencari tahu, sedikit lah, informasi soal buah pisang ini, sehingga menambah wawasan kita seputar dunia perpisangan. Ditambah lagi, kemarin ada viral tanaman pisang berdaun putih. Aneh gak sih? Makanya mimin mau cari tahu. 


Buah pisang merupakan buah yang tumbuh dari tanaman pisang. Termasuk tumbuhan terna raksasa, berdaun besar dan memanjang. Pisang punya banyak spesies, dibedakan dari hasil buahnya. 

Secara umum, buah yang dihasilkan tanaman pisang ini mempunyai warna kuning ketika sudah masak/ matang. Ada pula berwarna lain seperti hijau, merah, keemasan, hingga jingga. Buahnya berjejer seperti sisir, itu kenapa kita menyebut rentetan buah pisang adalah 'sesisir pisang'. Jika dalam sebuah batang terdiri dari beberapa sisir itu kita kenal dengan 'tangan atau 'setandan'. 

Mineral yang terkandung dalam buah pisang adalah kalium. Buah pisang juga merupakan sumber karbohidrat yang baik. 

Mari kita lihat klasifikasi ilmiah dari tumbuhan ini:
Divisi: Tracheophyta
Upadivisi: Spermatophytina
Klad: Angiosperms, Monocots
Ordo: Zingiberales
Famili: Musaceae
Genus: Musa
Spesies: M. acuminata, M. balbisiana, dll.

Pisang hasil budidaya yang ada saat ini, dianggap berasal dari keturunan spesies M. acuminata. Adapun persilangan antara M. balbisiana. Sehingga klasifikasi jenis pisang ini jadi sangat beragam. 

Dunia mencatat, bahwa pusat keranekaragaman tumbuhan pisang terdapat di wilayah Asia Tenggara, Papua dan Australia tropika. Ada juga di wilayah Amerika Tengah, Brazil. Ada pun ada di wilayah Afrika tropis. 

Tumbuhan ini memang tumbuh subur di daerah beriklim tropis, panas dan lembab, terutama di dataran rendah. Tumbuhan ini bisa panen sepanjang tahun, terutama di daerah yang mempunyai musim penghujan merata sepanjang tahun.

Pisang yang kita kenal di pasar atau di mana-mana, tumbuh tidak dengan dibudidayakan secara khusus, dia tumbuh secara alami di pekarangan, di ladang, di pinggiran sungai. Memang ada yang dibudiaya secara intensif seperti pisang cavendis dan pisang gros michel. 

Berikut ini jenis-jenis pisang yang sering kita kenal dan mungkin salah satu atau salah banyaknya pernah kita konsumsi, antara lain:

# Pisang Raja
# Pisang Raja Sereh
# Pisang Raja Molo
# Pisang Raja Uli
# Pisang Ambon
# Pisang Ambon Lumut
# Pisang Ambon Kuning
# Pisang Ambon 
# Pisang Barangan Putih
# Pisang Mas
# Pisang Kepok
# Pisang Nangka
# Pisang Tanduk
# Pisang Awak
# Pisang Lampung
# Pisang Kapas
# Pisang Tongkat Langit
# Pisang Kidang
# Pisang Badak
# Pisang Cavendish
# Pisang Gros Michel
# Pisang Kluai Hong Tong

Kita bahas soal seperti apa pisang-pisang ini dicatatan berikutnya ya. Biar tak terlalu banyak karakter di satu postingan, kita pindah ke postingan  berikutnya. 

Selanjutnya..... 

Posting Komentar

4 Komentar

  1. pisang kapas sebenarnya masih bisa dimakan, beberapa orang suka mengolahnya jadi beberapa makanan khas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak sekali jenis pisang, sampai bingung sendiri. Makanya sampai saya buatkan catatan ini membantu saya membedakan jenis pisang yang umum ditemukan di sekitar sehari-hari.

      Hapus

  2. Dari sekian banyak pisang di kebun milikku cuma ada pisang raja , pisang kepok, pisang Ambon, dan pisang rojo Nongko. Dan ??? Kami pun biasa menggunakannya sebagai pisang goreng, kolak, nogo sari, atau kalau hari khusus kayak tahun baru biasanya tuh pisang dibakar terus dikasih keju.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uih, punya kebun, senangnya bisa punya hasil buah sendiri. Mantab, mana banyak lagi jenis pisangnya. Itu kebun kan? Bukan kebon raya? Hehehe

      Hapus

Tinggalkanlah pesan, maka saya akan cari anda sambil saya berselancar di dunia ini ...