Mengenal Incubus, Iblis Mitologi Mesopotamia

Incubus? Pasti gak asing ditelinga, nama "incubus" memang dipilih sebagai nama grub band rock metal terkenal asal Amerika Serikat yang dibentuk tahun 1991.

Tapi saya tidak akan membahas itu. Tapi ini soal "incubus" yang mana merupakan sebuah nama iblis, yang dipercaya masyarakat Mesopotamia pada 2400 SM, dikenal sebagai setan badai. Masyarakat saat itu juga kerap menamainya setan malam karena kemunculannya pada malam hari. 

Incubus dikenal sebagai iblis yang senang melakukan hubungan seks dengan manusia (wanita). Lawan dari incubus adalah succubus dimana dia iblis yang senang melakukan hubungan seks dengan manusia (pria). 

Ketika berhubungan badan baik incubus dan succubus akan menjelma menjadi manusia. Incubus akan menjadi laki-laki dan succubus menjadi wanita, mereka mencari mangsanya masing-masing. Mereka memperkosanya untuk mendapatkan keturunan.

Ilustrasi saat incubus datang memperkosa wanita yang tengah tertidur • source: KingReads

Nama incubus sendiri berasal dari bahasa Latin 'incubo' merupakan gabungan dua kata, 'in'yang artinya di atas (on top)  dan cubo artinya saya berbaring (I lie). Jika diartikan keduanya berarti saya berbaring di atas (I lie on top). 

Menurut kepercayaan, incubus dan succubus awalnya adalah sepasang malaikat yang diusir oleh Tuhan atas kesalahan yang mereka perbuat.

Anak hasil perkawinan dari iblis ini dikenal dengan sebutan cambion. Anak ini lahir dalam keadaan 'mati'. Dimana tidak ada tanda kehidupan (secara medis) seperi detak jantung atau nafas, namun bayi ini bisa bergerak layaknya bayi normal. Kondisi ini dipercaya berlangsung selama tujuh tahun, setelahnya akan normal. 

Incubus dan succubus dikenal dengan nama berbeda menurut kebudayaan setempat. Misalnya:
# Di German, dikenal dengan sebutan Alp (jantan) dan Mara/ Mart (betina) 
# Di Zanzibar, dikenal dengan sebutan Popo Bawa
# Di Chille, dikenal dengan sebutan El Trauco
# Di Hongaria, dikenal dengan sebutan Liderc
# Di Brazil, dikenal dengan sebutan Boto


Incubus dan succubus ini sering disebut ketika ritual exorcism berat. Iblis satu ini dikenal sulit untuk diusir, karena tidak takut pada simbol-simbol agama. Iblis ini lebih dikenal di masyarakat barat, budaya barat (Eropa, Amerika).

Sampai saat ini saya belum melihat dan mengetahui proses pengusiran iblis dengan metode keyakinan Muslim (ruqyah). Akan seperti apa, dan feedback dari iblis ini ketika merespon ritual yang dilakukan. 

Memahami siapa incubus bisa visit video di bawah ini, membantu kita memahami sosok makluk mitologi yang kita kenal sebagai iblis. 

Sudah cukup paham kan. Yups, incubus menjadi topik yang saya angkat di sini setelah terpancing setelah menonton recap film Suicide Squad, dimana villain yang dihadapi adalah incubus. Namun di sana incubus diceritakan dengan karakter berbeda dari yang biasa kita pahami. Atas dasar itulah, pada sharing kali ini kita pahami karakter incubus sebenarnya. 

Semoga sharing informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan, serba-serbi dunia kita dilihat dari perspektif budaya. SSDK.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. visit us and get information about a wide range of knowledge
    and benefits around fruits and vegetables

    Visit more here
    worldly
    teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya, sudah berkunjung balik tentunya, your blog good 👍

      Hapus

Tinggalkanlah pesan, maka saya akan cari anda sambil saya berselancar di dunia ini ...