Akita Inu atau Anjing Akita

Siapa yang tidak kenal "Hachiko"? Pasti kenal ya, dia adalah nama anjing asal Jepang yang terkenal akan kesetiaannya. Dia menunggu majikannya pulang di depan stasiun kereta setiap hari, setiap jam majikannya pulang. Sampai suatu saat majikannya meninggal dan si Hachiko tak paham apa itu 'meninggal'. Akhirnya dia terus menunggu dengan setiap sampai akhir hayatnya. 

Sebuah kisah yang mengharukan. Andaikan itu anjing yang kita miliki, atau dia adalah bagian dari anggota keluarga kita, pastinya terharu banget. 

Di rumah keluarga saya pun punya seekor anjing, dari ras Shitzu. Saya memang jarang pulang, tapi dia mengenal saya sebagai anggota keluarga. Ketika saya pulang, begitu antusiasnya dia menghampiri, mengajak bermain dan ingin digendong dan dipeluk. So sweet sekali. 

Nah kali ini saya ingin mengetahui tentang ras anjing Akita, yang mana merupakan salah satu dari enam ras anjing asli Jepang, yang menjadi ras "Hachiko". 

Ilustrasi | source: Brit


Ras anjing satu ini dikenal dengan sebutan Akita Inu. 'Inu' sendiri berarti anjing dalam bahasa Jepang. Berasal dari Perfektur Akita.

Anjing Akita ini termasuk anjing ras Jepang baru, dimana baru diakui sebagai anjing ras sekitar 100 tahun yang lalu. 

Ada beberapa jenis Akita Inu, ada dikenal Akita Ken, kemudian ada juga American Akita. Tapi secara umum ada Akita Jepang dan Akita Amerika.

Anjing Akita ini mempunyai lama hidup (umur) antara 11-15 tahun.

Anjing Akita ini mempunyai postur tubuh yang besar dan kekar, secara umum posturnya seimbanng. Akita jantan mempunyai tinggi 26-28 inchi dan Akita betina mempunyai tinggi 24-26 inchi. Ukuran tinggi pada pundak untuk Akita jantan adalah 67 cm dan Akita betina 61 cm, dengan toleransi 3 cm. 

Akita punya warna bulu coklat agak kuning redup, sesame (coklat agak kuning redup dengan ujung hitam), loreng (brindle), dan putih. Dalam  setahun Akita mengalami pergantian bulu sebanyak 2x.

Anjing Akita punya sifat yang tenang, setia, penurut dan pintar dalam arti mudah diajari. Namun Akita dapat menjadi agresif ketika bertemu dengan anjing lain atau hewan lain. Jadi apabila di rumah memelihara hewan lain atau anjing ras lain, perlu untuk berhati-hati, ditakutkan saling menyerang satu sama lain.

Pada dasarnya sama seperti sifat anjing lainnya, Akita juga punya sifat penjaga, menjaga apa yang menjadi anggota keluarganya dari ancaman. 

Anjing Akita dikenal sebagai anjing pemburupemburu, kemampuan berburunya cukup baik, tubuhnya yang cukup besar dan punya keberanian yang baik. Akita biasa diajak berburu babi hutan, rusa, hingga beruang Yezo (beruang besar yang ada di Perfektur Akita). 

Akita Inu sendiri sebenarnya bukan ras asli. Jaman Jepang masih perang dulu, ada kebiasaan masyarakat adu anjing. Nah banyak peternak anjing yang mengawin silangkan anjing-anjing lokal dengan anjing impor, demi mendapatkan anjing yang kuat.

Pada perjalanannya, terjadi kelaparan di Jepang, dimana anjing-anjing peliharaan ini tidak mendapatkan makanan yang layak seperti daging-dagingan, akhirnya anjing hanya makan tepung dan sayuran, kondisi ini memperburuk perkembangbiakannya. Ras anjing makin langka akhirnya. 

Hingga akhirnya menghilangkan garis ras anjing impor, dengan mengawin silangkan dengan ras lokal (Akita Matagi), dan hasilnya keturunannya bisa distabilkan, hingga akhirnya, lahir generasi Akita yang kita kenal saat ini, dan itu yang coba dipertahankan sebagai ras tersendiri. 

Pada tahun 1931 anjing Akita ini ditetapkan sebagai monumen alam, dan Akita menjadi anjing lokal Jepang yang pertama kali dijadikan monumen alam. 

Pada tahun 1932, kisah tentang Hachiko ini lahir. Sebuah media harian Ashahi Shimbun memuat berita tentang anjing Akita yang menunggu majikannya Prof. Ueno di Stasiun Shibuya, Tokyo. Anjing yang dikisahkan ini bernama Hachiko. Karena kisah inilah Hachiko dikenal di seluruh dunia, dan ras anjing Akita pun semakin dikenal.

Hachiko yang melegenda, semua majikan anjing di seluruh dunia, pasti punya kisah berkesan dengan anjignya masing-masing


Nah sudah cukup kenal kan dengan Akita ini. Memang tidak begitu lengkap detail dibahas soal Akita di sini. Soal ciri fisik detail dari anjing ini. Untuk lebih memahaminya bisa membaca dari buku tentang anjing Akita atau artikel lain. 

Catatan ini membantu kita secara sederhana memahami tentang anjing Akita, yang kita biasa kenal dengan nama "Hachiko".

Sayangilah anjingmu dengan kasih sayang, karena dia juga akan berikan timbal balik yang serupa. Saya merasakan itu, ketika anjing yang kita pelihara sudah menjadi bagian keluarga saya, walaupun dia hewan tapi dia sudah jadi bagian keluarga saya, dan kami sekeluarga sangat menyayanginya. 

Sampai jumpa dicatatan lainnya, dunia kita punya banyak warna-warni dan serba-serbinya, yang perlu kita ketahui, tahu banyak, banyak tahu, tahu lebih. SSDK



Posting Komentar

0 Komentar