Mengenal Eiger Ternyata Bukan Sekedar Merk

Eiger selama ini saya tahunya hanya sekedar nama merk dari sebuah aparel untuk kebutuhan para traveler olahraga extrem, seperti memanjat gunung, hikers atau olahraga panjat tebing dll.. 

Tapi ternyata nama Eiger diambil dari nama sebuah puncak gunung yang banyak memakan korban, yaitu para pendaki yang ingin menaklukan puncaknya.

Ilustrasi, Gunung Eiger | source: Wikipedia

Eiger merupakan gunung yang mempunyai tinggi 3970 meter dari permukaan laut (mdpl). Puncaknya sendiri mempunyai ketinggian 356 meter. Berada di atas dataran Grindelwald dan Lauterbrunnen di daerah Bernese Oberland, Swiss. Gunung Eiger ini merupakan puncak paling timur dari gugusan pegunungan Alpen di Swiss. Gunung ini merupakan pegunungan gamping. 

Bagian yang terkenal dari gunung Eiger adalah salah satu sisinya yaitu sisi utara yang merupakan batuan dan es dengan tinggi 1800 meter. Sisi ini dikenal dengan nama Eigerwand atau Nordwand. Bagian ini memang sangatlah terjal dibandingkan sisi lainnya, dan sudah memakan banyak korban para pendaki yang mencoba menaklukan Eiger dari jalur ini.

Gunung Eiger ini pertama kali didaki oleh pendaki asal Swiss dan Irlandia, yang mendaki melalui sisi barat pada 11 Agustus 1858. Kemudian, sisi utara yang dikenal sebagai jalur paling berbahaya,  Sudah banyak korban pendaki yang gagal melalui jalur ini, sehingga jalur ini diberi nama Mordwand (dalam bahasa Jerman) yang berarti tembok pembunuh. Disebut juga Nordwand atau The North Face yang berarti tembok utara.
 
Meski punya cerita kelam dan tak memungkinkan ada keberhasilan pendakian di sana, sejarah mencatat ada beberapa pendaki yang berhasil juga lho. 

Pertama kali berhasil didaki oleh pendaki Austria-Jerman 24 Juli 1938. Terdiri dari dua tim ekspedisi terdiri dari masing-masing dua orang, total ada empat pendaki. Mereka adalah Anderl Heckamair, Ludwig Forg, Heinrich Harrer dan Fritz Kasparek. Selanjutnya ada beberapa nama pendaki yang berhasil menaklukan tempat ini seperti Ueli Steck, ada Dean Potter, kemudian Daniel Arnold, ada pula pendaki perempuan Sasha Diguilian. 


Bagi yang hobi olahraga ekstrim seperti ini, pasti punya ketertarikan tersendiri. Tapi bagi yang hanya sekedar penikmat saja, bisa menikmatinya dengan menonton film yang mengisahkan betapa menegangkannya jika mencoba menaklukan gunung ini. Judul film yang menceritakan tentang gunung ini adalah Norwand (The North Face) (2008).

Informasi tambahan, soal merk. Kita tahu tuh, Eiger yang kita tahu kan merk aparel. Eiger merupakan merk yang dimiliki oleh pengusaha Indonesia lho. Dikira itu merk luar kan, ternyata salah.

Merk ini dikenalkan oleh pengusaha Indonesia bernama Ronny Lukito. Merk Eiger sendiri mulai dikenalkan tahun 1993. Sebelumnya Ronny Lukito memperkenalkan merk Exxon, lalu dikenal pula Export yang merupakan singkatan dari (Exxon Sport). Khusus untuk merk dagang Eiger itu sendiri berada dibawah naungan PT Eigerindo Multi Product Industry.

Selain merk yang disebutkan di atas, merk dagang lain yang dipegang oleh Ronny Lukito adalah Bodypack, Neoshack, EXTREME dan Nordwand.

Nah jadi banyak tahu kan, dari kenal nama gunung hingga jadi merk dagang, yang awalnya kita kira merupakan merk luar negeri karena gunung Eiger itu sendiri ada di Swiss, tapi ternyata merk dagang itu jadi milik pengusaha asal Indonesia. 

Semoga informasi ini bermanfaat menambah pengetahuan kita. Tahu banyak, banyak tahu. SSDK


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Hahaha kebanyakan kita hanya tau brand nya doang, saya juga baru tau ini.. Kenapa harus orang Swiss, knp ga orang +62 aja yang daki pertama kali tentunya eiger berubah menjadi mager wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, bisa aja.
      Orang Indonesia mungkin ketahanan fisiknya yang belum mumpuni, kayanya lho, soalnya medannya kan berat.

      Ditambah lagi kalau mager bisa repot.

      Hapus
  2. Saya baru tahu lho, kalau beli tas di Eiger itu ada garansinya lho. Terutama soal resleting, kalau ada sobek³ (setahun).

    Kalau jam tangan Eiger itu di sana garansinya 3 bulan.

    BalasHapus

Tinggalkanlah pesan, maka saya akan cari anda sambil saya berselancar di dunia ini ...