Melihat Harimau PDKT

Lihat proses perkenalan antara kucing kampung jantan dan betina sudah biasa, kalau pun ada berantemnya sedikit paling tidak lama ya selesai. Tapi kalau lihat kucing besar melakukan PDKT (alias pendekatan), apa sudah pernah lihat?

Kucing besar yang saya maksud adalah harimau. Di alam liar, harimau termasuk fauna yang terancam punah, karena keterbatasan habitat dan sumber makanan, dimana populasi manusia merambah habitat hidup harimau, belum lagi manusia juga ikut mengkonsumsi sumber makanan para harimau ini. Ketika harimau keluar mencari makan yang terbatas ini, bersinggunganlah dengan manusia. Terjadi konflik, yang menyebabkan harimau dibantai, bahkan tak hanya itu kulitnya dijadikan komoditi. 

Situasi yang seperti ini memanggil para pemerhati satwa terutama harimau ini untuk menangkarkan. Ada positif dan negatif, tapi cara ini dianggap lebih baik saat ini asalkan penangkaran dilakukan dengan prinsip-prinsip perikehewanan.

Dari channel Youtube Alshad Ahmad, kita tahu dia memelihara dua ekor harimau, jantan diberi nama Eshan dan yang betina diberi nama Jinora. 

Keduanya kini lagi proses untuk diperkenalkan supaya bisa berkembangbiak untuk menghasilkan keturunan, penerus mereka berikutnya. Eshan sendiri lahir dari sepasang harimau asal Jawa Tengah dan harimau asal Jawa Timur yang berasal dari penangkaran. 

Proses untuk memperkenalkan kedua harimau ini seperti apa bisa dilihat divideo dibawah ini.


Dari sana kita bisa melihat gambaran ketika dua ekor harimau berbeda jenis, bertemu dan berkenalan sebelum proses kawin.

Tentunya tidak sesederhana kisah kartun Lion King, ketika Simba bertemu dengan Nala, yang akhirnya bisa menghasilkan Simba Jr. Apa yang terjadi dengan pertemuan Eshan dan Jinora pun tidak mencerminkan apa yang terjadi di alam liar sesungguhnya, tapi setidaknya bisa dijadikan gambaran. 

Karena ketika di alam, ketika seekor Harimau terpojok, alam bebas pasti memberikan ruangan yang lebih untuk melarikan diri saat merasa terintimidasi. Sedangkan yang terjadi di dalam video ini, karena berada di kandang, harimau betina yang terintimidasi akhirnya tidak bisa kemana-mana.

Kita bisa banyak belajar memahami tingkah laku fauna kucing besar satu ini ketika lagi PDKT. Nah, kalian yang bershio macan, apakah juga seperti itu ketika PDKT dengan calon pasangannya?

Mudah-mudahan jangan ya, seram amat kalau sampai begitu, boleh sih menunjukan kejantanan, tapi tidak begitu caranya. Ya gak? Ya iyalah, karena kita adalah manusia yang punya otak lebih kompleks dari mereka hewan. #justkidding

Segitu saja deh, saya mau sharing itu saja di sini. Video ini bisa menambah informasi tentang dunia fauna di sekitar kita. Banyak tahu, tahu banyak. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar