Anggapan Tawon dan Lebah Sama, Apa Benar?

Berawal dari obrolan ketika berjemur, ada seekor tawon yang terbang berseliweran. Ketika itu saya mengucap, "Eh ada lebah, eh tawon!" (sambil menghindar) Ada rekan yang bilang, apa bedanya. Pada intinya menyamakan keduanya. 

Tapi tahukah, apakah yang sebenarnya, samakah antara tawon dan lebah? 

Jika dikatakan sama, iya memang sama. Karena mereka sama-sama dari spesies serangga. Mereka sama-sama punya kemiripan.

Tetapi pada dasarnya mereka punya perbedaan tersendiri, yang tidak semua orang memahami. Bagi yang tidak paham, harap menyimak informasi ini, supaya bisa menjelaskan ke anak-anak ketika melihat kedua serangga terbang ini. Soalnya orang dewasa pun tak banyak tahu tentang hal ini.


Lebah
Lebah, begitulah kita sering menyebutnya. Merupakan jenis serangga terbang yang hidup berkelompok, walaupun tidak semua jenis. 

Di dunia terdapat 20.000 spesies lebah, yang hidup di berbagai belahan dunia kecuali Antartika. Diduga lebah sudah ada sejak awal jaman Cretaceous. 

Berikut ini taksonomi dari lebah:
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthopoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hymenoptera
Famili: Andrenidae, Apidae, Cilletidae, Megachilidae, Melittidae, Stenotritidae.

Lebah membangun sarang di atas bukit, pohon kayu dan atap rumah. Sarangnya dibangun dengan perekat alami yang bernama propolis (bahan perekat dari getah pohon).

Ada lebah ratu, lebah jantan dan lebah betina. Lebah betina mempunyai peran lebih banyak.
1. Lebah ratu, berjenis lebah betina, merupakan induk dari segala lebah baik jantan dan betina. Hanya terdapat satu ekor lebah ratu dalam satu koloni. 
2. Lebah betina, merupakan lebah pekerja, jumlahnya mencapai puluhan ribu. Bertugas mencari serbuk sari dan nektar. Selain itu ada pula lebah betina yang bertugas membersihkan sarang dan merawat telur dan anak-anak lebah. Angka harapan hidup lebah pekerja ini hanya tiga bulan bahkan bisa kurang. 
3. Lebah jantan, dominasinya kecil karena jumlahnya hanya ratusan saja. Bertugas mengawini lebah ratu muda. Jika akan membentuk koloni baru,  dan akan mati setelah kawin. 



Kamu harus tahu:
Madu merupakan hasil olah nektar yang dimuntahkan kembali dari dalam tubuh lebah dan disimpan dalam sarang lebah untuk makanan cadangan. Madu ini pula digunakan sebagai sumber makanan bagi larva dan pupa calon lebah.

Kamu harus tahu:
Lebah pekerja itu makan apa? Kita tahu mereka itu mencari nektar dan serbuk sari. Tak hanya itu saja, sejak larva hingga menjadi lebah pekerja mereka juga memakan madu.

Sedangkan ratu lebah memakan "susu lebah" atau kita kenal dengan istilah royal jelly. 

Kamu harus tahu:
Pernahkan, melihat peternakan lebah? Di sana para peternak mengambil madu dari kotak sarang lebah tanpa takut tersengat. Padahal, jika kita mengusik sarang lebah, maka kita akan diserang lebah-lebah itu. Apa si yang menyebabkan demikian? Lebah yang dipilih untuk koloni di peternakan adalah lebah-lebah yang jinak dan tidak agresif. Berbeda dengan lebah yang ada di alam liar.

Kamu harus tahu:
Tidak semua lebah itu hidup berkoloni, ada lebah yang hidup soliter atau menyendiri.

Kamu harus tahu:
Bahwa lebah akan mati ketika dia menyengat lawannya dengan kantung jarum dibagian belakang tubuhnya. Ketika kantung jarum/ sengat itu menunsuk lawannya dan terlepas makan tidak lama lebah itu akan mati. Inilah dia kenapa umur lebah menjadi tidak lama, kemungkinan matinya cukup tinggi. 



Lebah mempunyai siklus hidup (metamorfosis sempurna), yakni diawali dari telur > larva (ulat) > pupa (kempompong) > anak lebah > imago (lebah dewasa).


Kamu harus tahu
Di alam, lebah ini sangat membantu dalam proses penyerbukan, serbuk sari yang tertempel dikaki-kaki lebah saat mengambil nektar-nektar bunga terbawa dari satu bunga ke bunga lain. 80% proses penyerbukan dilakukan oleh agen yang bernama lebah. 

Madunya kita bisa konsumsi, karena punya khasiat yang sangat baik.

Sengatan lebah bisa dimanfaatkan dalam metode kesehatan alternatif, akupuntur dari sengat lebah. 

Dibeberapa tempat, larva lebah dapat dimanfaatkan menjadi kuliner unik.


Berikut ini beberapa jenis lebah yang sering kita jumpai:
Lebah madu (Honey bee)

Lebah kumbang (Bumblebee)

Lebah kayu (Carpenter bee)

Sweat Bees

Nah lumayan paham kan mengenal tentang lebah. Resume di atas hanya resume sederhana membantu kita memahami apa perbedaan lebah dan tawon. 



Tawon
Sering kali kita mengganggap tawon ini lebah dan terkadang sebaliknya. Sebenarnya mereka adalah spesies berbeda. Mari kita kenali lebih jauh tentang mereka ini. 

Hampir mirip dengan lebah, tawon merupakan serangga terbang yang bisa juga menyengat. Pembedanya, tawon dapat menyengat lawannya ketika terancam secara berkali-kali tanpa membuatnya mati setelahnya. 

Di dunia ada 75.000 spesies tawon yang sudah diketahui. Mereka hidup di seluruh belahan dunia kecuali daerah yang terlampau panas dan terlampau dingin. 

Berikut ini taksnomi/ klasifikasi ilmiah dari tawon:
Kerajaan: Animalia
Filum: Arthropoda
Kelas: Insecta
Ordo: Hymenoptera
Subordo: Apocrita
Famili: Vespidae

Tawon mempunyai beberapa spesies diantaranya:
Vespa affinis (tawon ndas), vespa analis, vespa auraria, vespa basalis, vespa bicolor, vespa Mandarinia (tawon Jepang) dll.. 

Vespa afinis (tawon ndas) 

Vespa analis

Vespa basalis

Vespa bicolor

Vespa mandirinia (tawon Jepang) 

Tawon mempunyai habitat di alam, dia membuat sarang dengan memanfaatkan material yang terdapat di alam. 

Berbeda dengan lebah, tawon tidak punya kelenjar seperti lilin untuk membuat sarangnya. Sarang tawon lebih rumit, karena terdiri dari beberapa bilik hingga ratusan banyaknya. Di sanalah tempat tumbuh tawon dari proses telur hingga kepompong. 

Tawon pada umumnya adalah herbivora, mereka mengkonsumsi material tumbuhan, buah hingga nektar. Namun ada juga spesies tawon yang karnivora, memakan daging serangga lain seperti jenis Tawon Jepang (Vespania Mandarina). Tetapi cara mengkonsumsinya tidaklah langsung. Karena tawon tidak punya enzim pencernaan. Potongan daging diberikan pada larva, larva itu lalu mengisap cairan dari daging itu dan melumatnya dengan bantuan enzim protein, lalu kemudian dimuntahkan kembali dan muntahan hasil "kunyahan" yang dikonsumsi tawon dewasa. 

Serangga lain yang sering jadi bahan makanan tawon seperti kutu daun, larva serangga, kepompong, belakang hingga tarantula. 


Sama seperti lebah, tawon juga ada yang hidup berkoloni dan hidup soliter.

Tawon yang hidup soliter ini umumnya parasit. Dia menaruh telurnya pada tubuh serangga lain,  sehingga larva-larva tawon ini akan hidup dari memakan tubuh inangnya. Tawon soliter ini umumnya karnivora, berburu ulat dan laba-laba.

Tawon yang hidup berkoloni, hampir sama seperti koloni serangga lainnya, didalamnya terdapat tawon pekerja (tawon betina), tawon ratu dan beberapa tawon jantan.

Dalam suatu ekosistem, tawon juga berperan di dalamnya. Dalam rantai makanan, tawon jadi predator bagi serangga ulat yang kerap merusak tanaman. Begitu pula tawon sendiri jadi sumber makanan serangga lain. Selain itu juga, mirip seperti lebah, tawon membantu juga dalam proses penyerbukan.



Itulah dia perbedaan antara lebah dan tawon. Jadi jangan lagi menyebut mereka sama, jika menyebut sama-sama serangga terbang tentunya benar. 

Tapi apa kesamaannya bisa dicermati di bahasan di atas, dari taksonomi nya bisa terlihat. 

Tapi secara fisik perbedaanya bisa dilihat dari beberapa hal ini:
# tawon mempunyai tubuh lebih ramping ketimbang lebah yang cenderung gemuk dan berbulu halus. 
# tawon memiliki kaki belakang yang ukurannya hampir sama, sedangkan lebah kaki belakangnya lebih besar dan pipih.
# tawon cenderung karnivora dibandingkan lebah.
# tawon mampu menyengat berkali-kali, sedangkan lebah hanya sekali. 
# tawon sedikit menghasilkan madu, lebah sangat efektif menghasilkan madu. 

Beberapa foto serangga di atas bisa membantu kita membedakannya ketika menemukannya di alam. Meski tidak semua spesies tawon dan lebah ditampilkan, setidaknya bisa membantu kita mengidentifikasi awal dan membantu menjelaskan bahwa mereka adalah berbeda.

Informasi seputar lebah dan tawon ini diambil dari browsing di Google, terutama diambil dari Wikipedia dan beberapa artikel lain yang mendukung informasi tentang lebah dan tawon. 


Kalau kalian, dari tim lebah atau tim madu nih? 

Segitu saja informasi yang bisa menambah pengetahuan kita, tahu banyak lebih tahu. Sampai jumpa di catatan informasi lainnya ya. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar