Donasi Face Shield from GWS Project

Pandemi covid19 memaksa kita semua melakukan pola hidup baru yaitu new normal. Dari melakukan cuci tangan setiap saat, membawa hand sanitizer, sarung tangan dan perlengkapan lainnya. Alat lain yang perlu disediakan adalah face shield.

Face shield menjadi alat wajib digunakan ketika berada di keramaian, apalagi ketika harus berhubungan dengan banyak orang. Misalnya bagi tenaga pemasaran atau penjaga toko atau direct sales. Seperti karyawan mall dan penjaga counter di mall wajib menggunakan face shield. Bahkan kini pengujung juga diharapkan menggunakan.

Tujuannya demi untuk menghambat penyebaran covid19. Karena kita tidak tahu apakah tiap-tiap kita aman dari infeksi covid19.

Bulan-bulan pertama penyebaran covid19 di Indonesia, masalah kekurangan APD jadi masalah serius. Terutama ya sebagai pelindung para petugas medis yang berjibaku di garis depan penanganan covid19. Diawal banyak korban petugas medis yang harus terinfeksi karena APD terbatas.

Sampai akhirnya muncul gerakan donasi APD dari berbagai pihak demi mendukung penanganan covid19. Dari perusahaan hingga perorangan, dari APD hasil pabrikasi hingga yang home made. Tujuan sama yaitu saling bantu membantu dalam penanganan penularan covid19.

Ada salah satu usaha perorangan yang ikut juga dalam kegiatan sosial ini. Menamakan diri GWS Project. GWS Project mengawali melakukan kegiatan sosial ini dengan dana swadaya sendiri, karena terpanggil melihat kekurangan APD yang dialami banyak petugas medis.

Face shield karya GWS Project | source: Suara Surabaya

Digagas oleh Handy Wicaksono, S.T., M.T., Ph.D. yang merupakan dosen Teknik Elektro Universitas Kristen Petra. Face shield yang dibuat ini merupakan face shield do it yourself (DIY). Diawali dengan dibantu oleh istrinya, hingga akhirnya punya beberapa relawan untuk memproduksi face shield DIY ini hingga bisa disebarkan ke tenaga medis yang membutuhkan, di beberapa fasilitas kesehatan sebanyak 71, baik rumah sakit, puskesmas, klinik di 22 kabupaten/ kota di Jawa Timur, Jawa Tengah dan NTT.

Saya dan rekan sekantor menjadi salah satu yang kebagian donasi ini. Sebanyak 10 unit face shiled kami terima dari GWS Project yang dikirim melalui ekspedisi.

Terima kasih banyak GWS Project. Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil, apalagi yang dilakukan ini adalah kegiatan sosial tanpa embel-embel apapun. Semoga upahmu besar di surga.

Kontak GWS Project bisa dilihat diakun sosial media mereka di Instagram @getwellsonproject. Di sana juga banyak dokumentasi aktivitas sosial mereka. 

Melakukan hal sederhana yang berdampak besar adalah contoh sederhana yang bisa kita lakukan ditengah kondisi seperti sekarang ini, dimana bahu-membahu dan kerjasama yang baik bisa membawa kita lepas dari masa sulit ini. SSDK

Posting Komentar

0 Komentar